Sabtu, 27 Februari 2016

Inilah Penyebab Gagal Ginjal Kronis Yang Perlu Diketahui

Ginjal merupakan organ yang yang sangat penting dalam tubuh manusia, peran utamanya yaitu untuk menyaring racun di dalam darah. Setiap racun yang ada pada darah akan disaring melalui  organ ginjal tersebut agar tidak masuk ke dalam darah lagi. Jika organ ginjal sudah tidak berfungsi lagi maka bisa dipastikan bahwa keadaan darah akan kotor dan akan menghambat kesehatan tubuh penderitanya. Siapapun juga yang mengalami ini maka dinamakan gagal ginjal, gagal ginjal adalah sebuah ketidakmampuan ginjal dalam melakukan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya. Hal seperti ini akan mengakibatkan penderita harus melakukan cuci darah secara manual atau yang biasa disebut dengan hemodialisa. Organ ginjal ada satu pasang (2 organ), jika yang mengalami kerusakan hanya satu bagian maka bagian lainnya masih bisa diselamatkan. Biasanya jika ada kondisi seperti ini akan diambil tindakan preventive yaitu pemotongan ginjal yang rusak agar tidak merembet kepada yang lainnya. Hal ini sengaja dilakukan oleh praktisi medis guna memfungsikan salah satu organ ginjal tersebut.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya gagal ginjal pada seseorang, adanya penyakit gagal ginjal tersebut, mulai dari kebiasaan pola hidup yang tidak sehat sampai dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sangat disayangkan apabila organ ginjal mengalami kerusakan, tentu akan bersifat fatal pada penderitanya tersebut. Meskipun saat ini ada upaya yang bisa dilakukan oleh penderita ginjal untuk melakukan cangkok ginjal namun hal tersebut tidak murah. Untuk menghindari terjadinya penyakit gagal ginjal kronis tersebut alangkah lebih baik jika mengetahui apa saja penyebab dari penyakit gagal ginjal kronis tersebut. Dengan demikian kita semua bisa mengantisipasi dan juga berwaspada terhadap apa-apa saja yang bisa menyebabkan terjadiny penyakit gagal ginjal kronis.

Penyebab Gagal Ginjal Kronis Yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Ada beberapa penyebab penyakit gagal ginjal kronis yang harus diketahui oleh semua orang yang saat ini mempunyai faktor resiko terhadap penyakit gagal ginjal kronis tersebut. Semua orang beresiko terhadap penyakit gagal ginjal kronis, dan artinya semua orang harus mengetahui penyebab gagal ginjal kronis tersebut. Berikut ini adalah berbagai macam penyebab gagal ginjal kronis:

1. Sering mengkonsumsi alkohol, alkohol adalah minuman keras yang dapat merusak oragan tubuh manusia. Salah satu organ yang paling dirugikan jika mengkonsumsi alkohol adalah ginjal, ginjal akan bekerja sangat keras untuk melakukan penawar dan penyaringan setiap alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Jika sering mengkonsumi alkohol maka semakin tinggi pula resiko terhadap penyakit gagal ginjal kronis tersebut.
2. Sering mengkonsumsi minuman bersoda, meniman bersoda jika sering dikonsumsi juga tidak baik bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah organ ginjal akan mengalami kerusakan karena terlalu berat untuk menyaring minuman berkarbonisasi yang masuk ke dalam tubuh seseorang tersebut.
3. Mengkonsumsi makanan ataupun makanan yang mengandung banyak pengawet, makanan maupun juga minuman yang mengandung banyak pengawet akan membuat kinerja ginjal menjadi berat. Kinerja ginjal yang berat dapat memicu terjadinya kerusakan pada organ ginjal tersebut sehingga bisa jadi sebagai penyebab awal terjadinya gagal ginjal kronis.

Penyebab gagal ginjal kronis yang sudah dijelaskan diatas tersebut hendaknya sebagai pertimbangan oleh siapapun saja yang saat ini tidak ingin terkena penyakit gagal ginjal kronis. Pada dasarnya penyakit gagal ginjal tentu ada sebab yang melatar belakangi terjadinya suatu penyakit tersebut. Dan kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol tentu akan sangat berakibat buruk bagi kesehatan, baik kesehatan dalam jangka pendek maupun juga kesehatan dalam jangka panjang.

Jika sudah mengalami penyakit gagal ginjal maka pengobatan melalui medis adalah salah satu uapaya terbaik yang bisa di lakukan oleh semua orang yang sedang ingin sembuh dari penyakit gagal ginjal kronis. Nantinya akan ditangani dengan hemodialisa sebagai langkah preventif untuk menggantikan organ ginjal yang mengalami kerusakan tersbeut.

Author:

0 komentar: