Rabu, 03 Februari 2016

Perbedaan Dan Persamaan Penyakit Zika Dengan DBD

Pada tahun 2016 berita tentang penyakit zika sangat santer terdengar dimana-mana, baik di dalam negeri maupun juga diluar negeri. Sejak kemunculannya banyak sekali ditemukan di berbagai negara bagian amerika virus ini terus diwaspadai seluruh negara di Dunia. Termasuk juga di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis juga selalu mewaspadai dan mengantisipasi wabah virus ini jangan sampai masuk ke negaranya. Saat ini baru sebagian negara saja yang terdampak dari virus zika tersebut, dan seluruh negara lain terus berwaspada terhadap virus ini. Virus zika sendiri merupakan virus endemik yang ditularkan melalui nyamin berspesies aedes. Nyamun yang menularkan virus zika dan virus demam berdarah adalah sama yaitu nyamuk aedes. Namun kedua penyakit/ virus ini ternyata berbeda jika menginfeksi pada manusia. Virus zika akan menyerang sistem saraf sedangkan virus demam berdarah akan menyerang sistem sel darah/ trombosit. Nah untuk mengulas lebih jauh tentang apa saja perbedaan dan persamaan virus zika maka kami telah mengulasnya seperti dibawah ini.

Perbedaan dan Persamaan Virus Zika dengan Demam Berdarah

Ada beberapa perbedaan yang bisa digunakan untuk menentukan apakah itu vurus zika maupun virus demam berdarah. Selain terdapat perbedaan ada pula kesamaan antara virus zika dengan demam berdarah, dibawah ini akan kami sebutkan secara lengkap perbedaan dan persamaan virus zika dengan virus demam berdarah.

Perbedaan Virus Zika dengan Demam Berdarah

  1. Baik pengidap virus zika maupun juga demam berdarah mempunyai gejala utama yaitu demam, demam pada penyakit zika tidak terlalu panas dibandingkan dengan pengidap penyakit demam berdarah. Penyakit zika mempunyai karekteristik demam tidak lebih dari 38 derajat celcius, sedangkan penyakit demam berdarah mempunyai karakterisik demam yang cukup tinggi yaitu bisa sampai lebih dari 38 derajat celcius.
  2. Pada virus zika terdapat benjolan pada setiap ruamnya, benjolan tersebut tidaklah besar namun cukup terasa ketika diraba. Dapat dikatakan bahwa benjolan ruam pada virus zika cenderung halus sehingga tidak sampai terasa. Sedangkan ruam pada penyakit demam berdarah tergolong tidak ada benjolan sama sekali, bahkan tidak terasa halus.
  3. Ada rasa nyeri pada bagian sendi dan juga otot, rasa nyeri tersebut terjadi akibat adanya virus yang menyerang persendian maupun juga pada bagian otot. Hal ini tidak dialami oleh penderita demam berdarah.
  4. Penderita virus zika mengalami konjungsi selapur mata. sedangkan penderita demam berdarah tidak mengalami hal itu.
  5. Penderita demam berdarah mengalami penurunan sel trombosit, sedangkan penderita virus zika tidak mengalami hal itu.
Perbedaan virus zika dan juga virus demam berdarah tersebut bisa dangat terlihat pada ruam yang ditimbulkan oleh virus zika. Jika pada virus zika maka terdapat ruam pada bagian kulit yang ditimbulkannya tersebut, ruam ini lebih merata dan tidak hanya satu bagian saja sedangkan virus demam berdarah lebih mengarah pada pada lengan saja yang mengalami ruam.

Perbedaan yang paling mencolok dari penyakit zika dengan demam berdarah lainnya adalah pada bagian mata penderita penyakit zika mengalami konjungsi sedangkan pada penderita demam berdarah tidak mengalami konjungsi. Konjungsi pada pada mata seseorang yang mengalami penyakit zika tersebut diakibatkan oleh banyak faktor yang diantaranya adalah dengan adanya virus yang sampai masuk ke dalam selaput mata. Sedangkan untuk penderita demam berdarah tidak sedemikian rupa karena virus demam berdarah hanya menyerang trombosit pada jaringan darah sehingga tidak menimbulkan konjungsi pada bagian selaput mata.

Meskipun antara penyakit zika dan juga penyakit demam berdarah mempunyai perbedaan yang sudah kami sebutkan diatas namun ternyata kedua penyakit tersebut mempunyai kesamaan karena kedua penyakit tersebut adalah sama-sama penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui nyamuk. Tidak banyak kesamaan yang dimiliki antara penyakit zika dengan penyakit demam berdarah. Dibawah ini merupakan sedikit persamaan antara penyakit zika dengan penyakit demam berdarah.

Persamaan Antara Virus Zika dengan Demam Berdarah

  1. Baik virus zika maupun juga virus demam berdarah sama-sama ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti
  2. Virus zika maupun juga demam berdarah sama-sama memiliki gejala yang saja yaitu timbulnya demam secara mendadak dan adanya ruam pada kulit
Memang persamaan yang dimiliki oleh virus zika dengan virus demam berdarah hanya dua poin itu saja. Tidak banyak persamaan yang dimiliki oleh virus zika dengan demam berdarah, hanya dua point itu saja. Siapapun juga yang sedang mengalami penyakit zika maupun juga demam berdrah maka diharapkan bisa membedakan dirinya apakah terkena penyakit zika atau terkena penyakit demam berdarah.

Jika sudah mengalami penyakit zika maupun demam berdarah maka jangan panik apalagi khawatir, melakukan tindakan pengobatan kepada medis adalah solusi terbaik bagi Anda semua yang sedang ingin mendapatkan pengobatan penyakit zika maupun demam berdarah.

Author:

0 komentar: